MACAM-MACAM KECERDASAN GANDA (MULPLADE INTELLIGENCES)

Minggu, 08 Juni 2014

TEORI KECERDASAN GANDA dan PENERAPANNYA

BAB I

PEMBAHASAN

A.      Pengertian Kecerdasan Ganda

Kecerdasan ganda (multiplade intelligences) merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang diaktifkan atau dikembangkan melalui proses belajar, interaksi dengan keluarga, guru, teman dan nilai-nilai budaya yang berkembang dimasyarakat. Untuk itu kecerdasan mengandung dua aspek pokok yaitu; kemampuan belajar dari pengalaman dan beradaptasi terhadap lingkungan.

B.      Macam-Macam Kecerdasan

a.      Kecerdasan verbal/ bahasa (verbal linguistic intelligence)
Yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menyusun pikirannya dengan jelas. Mereka juga mampu mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata seperti berbicara, menulis, dan membaca. Orang dengan kecerdasan verbal ini sangat cakap dalam berbahasa, menceritakan kisah, berdebat, berdiskusi, melakukan penafsiran, menyampaikan laporan dan berbagai aktivitas lain yang terkait dengan bicara dan menulis. Kecerdasan ini sangat diperlukan pada profesi pengacara, penulis, penyiar radio/televise, editor, dan guru.

b.      Kecerdasan logika/ matematik (logical/ matematik intelligence)
Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan seorang untuk berinteraksi dengan angka-angka dan bilangan, berpikir logis dan ilmiah, adanya konsistensi dalam pemikiran. Disamping itu juga kecerdasan ini dapat membantu menemukan cara kerja, pola, dan hubungan, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, mengklasifikasikan dan mengelompokkan, meningkatkan pengertian terhadap bilangan dan yang lebih penting lagi meningkatkan daya ingat.

c.       Kecerdasan visual/ ruang (visual/ spatial intelligence)
Kecerdasan ini ditunjukkan oleh kemampuan seseorang untuk melihat secara rinci gambaran visual yang terdapat disekitarnya. Seorang seniman dapat memiliki kemampuan persepsi yang besar. Bila mereka melihat sebuah lukisan, mereka dapat melihat adanya perbedaan yang tampak diantara goresan-goresan kuas, meskipun orang lain tidak mampu melihatnya. Kecerdasan ini sangat dituntut pada profesi-prafesi seperti fotografer, seniman, navigator, arsitek. Mereka ini dituntut untuk melihat secara tepat gambaran visual dan kemudian memberi arti terhdap gambaran tersebut.

d.      Kecerdasan tubuh/ gerak tubuh (body/ kinesthetic intelligence)
Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan pengendalian gerakan badan. Pengendalian gerakan badan ini terletak di korteks motoris dengan setiap belahan otak mendominasi atau mengendalikan gerakan badan di sisi yang berlawanan. Orang yang cerdas secara kinesthetic akan lebih mudah menirukan dan menciptakan gerakan. Seorang olahragawan yang cerdas kinesthetic akan dapat menyelesaikan dan mencari alternative gerakan.

e.      Kecerdasan musical/ ritmik (musical/ rhythmic intelligence)
Kecerdasan ini adalah kemampuan untuk menghasilkan dan mengapresiasi music. Kemampuan ini meliputi menyanyi, bersiul, memainkan alat-alat music, mengenal pola-pola nada, membuat komposisi music, mengingat melodi, memahami struktur dan irama music. Intinya mereka yang mempunyai kecerdasan ini harus mempunyai emosional misterius dari music.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Powered By Blogger

Penanyang Q :)